Home » » Utang Liverpool Musim Lalu Capai Rp 1,27 T

Utang Liverpool Musim Lalu Capai Rp 1,27 T

Liverpool - Laporan keuangan Liverpool musim lalu baru saja dirilis oleh media-media Inggris. Utang The Reds disebut mencapai angka 87,2 juta poundsterling (Rp 1,27 T). Namun manajemen meminta fans tidak usah merisaukannya.

Musim lalu Liverpool sendiri memang tidak tampil di kompetisi Eropa dan itu membuat pemasukan mereka berkurang di mana dari tanggal 1 Agustus 2011 hingga 31 Mei 2012, di mana jumlah utang di bank naik sekitar 22 juta pound.

Tak cuma itu, investasi Liverpool sendiri di bursa transfer musim 2011/2012 juga terhitung tinggi dengan mengontrak tujuh pemain di mana mereka menghabiskan 20 juta pound untuk memboyong Stewart Downing dan 16 juta pound untuk Jordan Henderson.

Lalu ada nama-nama seperti Jose Enrique, Sebastian Coates, Charlie Adam, Doni, dan Craig Bellamy. Sementara Liverpool juga melakukan perpanjangan kontrak lebih dari lima pemain termasuk Steven Gerrard dan memberi kontrak profesional untuk lima pemain mudanya.

Dari sisi pemasukan, Liverpool melepas delapan pemain namun dengan banderol yang tidak begitu besar seperti Raul Meireles dan tiga pemain seperti Joe Cole, Alberto Aquilani dan Dani Pachecho dipinjamkan ke klub lain.

Meski utang klub naik, namun 'Si Merah' setidaknya mampu menekan kerugian mereka di mana dari musim sebelumnya mencapai 49,3 juta pound menjadi 40,5 juta pound di akhir musim 2011/2012.

"Saya percaya itu bukanlah hal yang orang-orang harus khawatirkan atau harus dipikirkan. Ini wajar terjadi setiap musim -- jumlah utang kami naik turun --," ujar Managing Director Liverpool, Ian Ayre, seperti dilansirSky Sports.

"Kami punya uang untuk membayar utang kami dan ada juga pemasukan, yang seperti bisnis yang lain. Yang berbeda di sepakbola ada beberapa hal yang signifikan. Jadi jika lihat jual beli pemain, kami harus menginvestasikan dana seperti yang kami lakukan di musim panas sebelum pendapatan utama kami masuk: uang sponsor yang besar, pendapatan dari tiket, pendapatan dari media dan lainnya," sambungnya.

"Ketika memasuki Natal, mungkin saat itu pemasukan Anda lebih sedikit tapi Anda tetap mendapat uang yang Anda butuhkan, baik untuk melakukan deal atau juga untuk deal-deal lainnya. Utang memang meningkat tapi saya pikir itu adalah risiko dari bisnis yang sedang kami lakukan saat ini."

Musim ini Liverpoo sedikit melakukan pengetatan budget musiman mereka dengan melepas banyak pemain senior bergaji besar seperti Dirk Kuyt, Maxi Rodriguez, Bellamy, Adam, Joe Cole dan Aquilani plus menerapkan sistem kontrak baru di mana pemain akan mendapat bonus besar jika mereka tampil bagus.

source : detik
Share this article :

Post a Comment