Home » » Kalahkan Steaua,Chelsea ke Perempatfinal

Kalahkan Steaua,Chelsea ke Perempatfinal

London - Chelesea berhasil membalas kekalahan atas Steaua Bucharest. Bermain di Stamford Bridge, Jumat (15/3/2013) dinihari WIB,The Blues memetik kemenangan 3-1 dan berhak mengantongi tiket ke perempatfinal Liga Europa.

Setelah kalah 0-1 di pertemuan pertama, Chelsea paling tidak butuh dua gol untuk memastikan meraih tiket ke babak perempatfinal. Jalan untuk mewujudkan hal tersebut terbuka lebar setelah Juan Mata membuka keunggulan Chelsea di menit 33.

Namun jalan terjal kembali dihadapi The Blues menyusul gol penyama yang dilesakkan Vlad Chiriches. Skor 1-1 (agregat 2-1 untuk Steaua) membuat Chelsea harus mencetak dua gol tambahan untuk lolos.

Adalah john Terry dan Fernando Torres yang kemudian jadi pahlawan. Sang kapten membawa Chelsea balik unggul di menit 58, sementara El Nino merobek gawang tamunya di menit 71. Torres punya peluang untuk menggandakan golnya saat dia jadi eksekutor penalti, namun sepakannya hanya membentur mistar gawang. Chelsea pun menang 3-1 (agregat 3-2).

Jalannya Pertandingan

Butuh menang setelah kalah di pertemuan pertama, Chelsea malah nyaris kebobolan lebih dulu di menit 12. Diawali kesalahan John Terry, Rau Rusescu berhasil melepaskan tembakan yang dengan sangat baik dihalau Petr Cech menggunakan satu tangannya.

Sepuluh menit kemudian Chelsea nyaris mencetak gol melalui kerjasama Eden Hazard serta John Obi Mikel. Namun upaya Mikel menjebol gawang tamunya juga tak membuahkan hasil karena kiper Ciprian Tatarusanu berhasil menghalau bola yang mengarah ke gawangnya.

Memasuki menit 33, gol yang sangat dinantikan The Blues akhirnya datang melalui kerjasama yang terjalin baik antara Juan Mata dengan Ramires. Aksi yang berhasil membongkar pertahanan Bucharest tersebut berakhir dengan sepakan Mata yang masuk ke gawang meski sempat mengenai kaki kiper. Gol tersebut membuat kedua tim punya agregat sama kuat 1-1.

Empat menit berselang Chelsea nyaris menambah jumlah golnya andai tendangan Torres meneruskan umpan Mata tidak menyasar sisi luar jala gawang. Di menit 40, aksi individu Hazard melewati dua pemain dari sisi kiri dituntaskan dengan melepaskan tendangan yang masih digagalkan kiper Tatarusanu.

Di menit terakhir babak pertama pendukung Chelsea tersentak menyusul sukses Bucharest mencetak gol penyama. Dari skenario tenangan sudut, bola sempat memantul di antara pemain Chelsea dan Bucharest di dalam kotak penalti. Setelah memunculkan kemelut, si kulit bundar akhirnya masuk ke gawang setelah disambar oleh Vlad Chiriches. Gol tersebut membuat Chelsea secara agregat kalah 1-2 dan harus mencetak dua gol untik bisa lolos.

'Si Biru' tak harus menunggu lama untuk bisa kembali unggul karena 13 menit babak kedua berjalan John Terry sukses membawa timnya kembali berada di posisi di depan. Menyongsong tendangan bebas Mata, Terry yang dalam posisi tak terkawal dengan leluasa menanduk bola ke dalam gawang.

Torres! Di menit 71 Chelsea akhirnya mencetak gol yang bisa memastikan langkah mereka ke delapan besar Liga Europa. Dapat umpan tumit dari Hazard di dalam kotak penalti, tendangan terarah Torres merobek gawang Bucharest dan mengubah kedudukan menjadi 3-1, agregat 3-2.

Chelsea punya kesempatan untuk memperbesar keunggulannya setelah wasit menunjuk titik putih di menit 84 menyusul pelanggaran yang dilakukan terhadap Hazard. Namun peluang emas itu gagal dimanfaatkan oleh Torres, maju sebagai eksekutor sepakan El Nino membentur tiang gawang.

Susunan Pemain

CHELSEA: Petr Cech, Ashley Cole, David Luiz, John Terry, C�sar Azpilicueta, Ramires, Juan Mata, ('90 Victor Moses), Oscar, John Mikel Obi, Eden Hazard ('90 Yossi Benayoun), Fernando Torres 

STEAUA BUCURESTI Ciprian Tatarusanu, Lukas Szukala, Mihai Pintilii, Iasmin Latovlevici, Cornel Rapa, ('83 Adi Rocha Filho), Vlad Chiriches, Adrian Poparadu, Alexsandru Chipciu, Cristian Tanase ('78 Pires Leandro), Alexandru Bourceanu, Raul Rusescu

source : detik
Share this article :

Post a Comment