Home » » 'Kerja Guardiola Bakal Berat di Bayern'

'Kerja Guardiola Bakal Berat di Bayern'

Munich - Antusiasme tinggi tercipta ketika Bayern Munich menunjuk Pep Guardiola sebagai pelatih baru mulai musim depan. Tapi kubu Bayern diminta agar tak lupa daratan karena kerja Guardiola di sana tak semudah di Barcelona.

Dengan rentetan trofi selama empat musim menangani Barca, Guardiola jelas diharapkan bisa menularkan kesuksesannya saat melatih Bayern untuk tiga tahun ke depan. Apalagi isunya Guardiola akan disuntikkan dana besar untuk belanja pemain.

Plus kehebatannya dalam meroketkan pemain muda, jadilah harapan besar diletakkan di pundak pelatih asal Spanyol tersebut untuk bisa membawa Bayern merajai Jerman dan juga Eropa.

Tapi menurut eks kiper Bayern, Oliver Kahn, jalan Guardiola di Bayern takkan mudah karena perbedaan kultur sepakbola akan jadi penghalang besar. Terlebih ekspetasi publik nantinya justru bisa jadi beban untuk pria berusia 42 tahun itu.

Maka dari itu dibutuhkan kerja keras dari semua pihak agar nantinya Guardiola bisa merajut kesuksesan yang sama bersama The Bavarian.

"Guardiola membawa banyak pemain muda ke level profesional, tapi pemain-pemain Bayern tidak harus berusaha menyamai apa yang Barcelona lakukan," ujar Kahn kepada Bild seperti dilansir Soccerway.

"Untuk menanamkan sistemnya tidak bisa dalam waktu singkat. Tidak seperti (eks pelatih) Louis van Gaal yang hanya punya satu gaya bermain untuk meraih hasil akhir, sistem Guardiola lebih fleksibel dengan mengutamakan penguasaan bola," sambungnya.

"Setiap pemain yang tidak bisa bermain secara kolektif akan sulit beradaptasi dengan sistem itu. Sebagai contoh, sebagian dari suksesnya adalah bertumpu pada Lionel Messi yang dijadikan 'false nine', tapi menarik untuk dilihat apakah Bayern bisa bermain seperti itu ke depannya."

"Guardiola dan Direktur Olahraga Matthias Sammer harus mengembangan dan mengimplementasikan filosofi itu secara berkesinambungan. Hal itu akan jadi faktor menentukan untuk bisa bertarung menjadi tim terbaik di Eropa," tuntas Kahn.


source: detik.com
Share this article :

Post a Comment